Jumat, 07 Maret 2014

Mengapa Bisnis Memasuki Pasar Internasional?

Dunia bisnis dihadapkan pada dua pilihan yaitu memasuki bisnis pada lingkup domestik semata ataau terjun dalam bisnis domestik dan internasional. Adapun keuntungan yang diharapkan adalah :

1. Potensi Keuntungan

Dengan memasuki pasar internasional yang lebih besar dibandingkan dengan pasar domestik, maka perusahaan memiliki kesempatan untuk memproduksi dan menjual barang lebih banyak. Besarnya volume produksi dan penjualan mungkin mendatangkan skala operasi yang lebih ekonomis bagi perusahaan. Dengan demikian, selisih antara harga jual dan biaya operasi atau mrjin keuntungan menjadi lebih besar dan berakibat pada membesarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.

2. Potensi Pasar

Pasar global menjanjikan konsumen yang amat banyak pada berbagai berbagi negara sehingga penjualan produk perusahaan tidak bergantung pada satu negara saja. Contoh ekspor Indonesia ke Jepang yang bernilai US$23.6 milliar (tahun 2007). Selain Jepang, ada beberapa pasar internasional lain yang menjadi tujuan ekspor Indonesia, misalnya China, Korea Selatan.

3. Bahan Baku

Banya negara maju yang kesulitan mencari bahan baku untuk industrinya. Contohnya Jepang bekerja sama dengan Indonesia untuk mendapatkan berbagai barang, misalnya hasil tambang, batu bara, gas alam cair bagi keperluan industrinya.

4. Efisiensi

Dengan memperoleh tenaga kerja yang murah, sebuh perusahaan dapat menghemat pengeluaran biaya. Dengan demikian, strategi untuk meningkatkan efisiensi juga mungkin dilakukan dengan mengintegrasikan fasilitas produksi atau operasi disuatu tempat atau negara tertentu untuk melayani kebutuhan diberbagai negara sekaligus.

5. Teknologi

Salah satu tujuan perusahaan memasuki dunia bisnis global adalah mencari akses terhadap teknologi. Dengan kemajuan teknologi suatu negara memungkinkan negara lain yang tidak memiliki teknologi maju dapat membuat perjanjian kerjasama.

0 komentar:

Posting Komentar